Minggu, 07 Agustus 2011

MENELANJANGI KEMOLEKAN THESIS



Tulisan ini bermula dari kemalasan saya yang membabi buta untuk menyelesaikan Bab II thesis yang seharusnya sudah selesai minggu kemarin. 

Dalam pengerjaan thesis kali ini memang rasanya beda banget sama jaman ngerjain skripsi taun 2009 kemarin. Sebab kemalasan menyelesaikan thesis ini seharusnya tidak perlu terjadi karena justru keadaannya lebih mendesak daripada jama bikin skripsi...

yup, terdesak jatah waktu beasiswa. Seperti pada umumnya beasiswa, kalo g segera diselesaikan masa studinya, alhasil akan bayar sendiri. Hiks...

Kemudian saya menelaah lebih lanjut mengenai ketermalasan saya untuk menelanjangi thesis saya yang sebenarnya molek sekali ini. Munculah ide untuk bertanya pada para ahli yang sudah lolos S2...

apa yg bikin mereka bisa selesai thesisnya dan lulus dengan predikat memuaskan semua pihak. Tapi jawaban kemalasan ini muncul justru pada perbincangan-perbincangan natural saya dengan beberapa elemen masyarakat (???). Sebab-sebab kemalasan tersebut antara lain:

1.       Keadaan belum mendesak
Sebab ini saya temukan waktu ngobrol dengan teman saya yaitu kata hati. Setting obrolan adalah di kamar saya, di malam hari, sembari tidur ditonton tv.
Saya       : “ kenapa buku2 yang jenggotan dan kurus kecil ini tidak bisa membuat saya ingin mengajaknya mengerjakan thesis ya Tik (nama panggilan kata hati)?”
KH         : ”kapan sih deadline nya?”
Saya       : “ akhir agustus udah harus selesai proposal”
KH         : “tepatnya tanggal berapa?”
Saya       : “tanggal 20 Agustus..”
KH         : “mood mu ngerjain thesis akan datang pada tanggal 18 Agustus”
Saya       : “kenapa? Kok lama banget?”
KH         : “kalo paper ujian akhir aja kamu kerjain semalam sebelumnya, begitu pula thesismu.”
Saya       : “tapi pas S1 aku mood mood aja tuh ngerjainnya”
KH         : “waktu S1 kamu di desak bapak ibumu lewat telfon tiap subuh sampai subuh lagi biar cepet selesai. Intinya, kamu harus paham bahwa kalau g lagi kepepet kamu ga akan ngerjain tugas penting”
Saya       : “OK...saya tunggu tgal 18 Agustus aja kalo gitu...habis upacara.”

2.       Gak ada pesaing

Dalam hal ini, saya menemukan sebabnya dari lamunan saya waktu bercakap-cakap dengan dosen pembimbing S1 saya, Ibu Erna Andriyanti,M.Hum.

Bu Erna : “Kok baru keliatan? Kemana aja lama g bimbingan?”
Saya    : “ Hehehe....saya lupa judul skripsi saya Bu..” (@$%&^*)
Bu Erna : “Wah...padahal temen2 kamu udah progress lho..Dewi udah masuk Bab 2...
Saya    : “Dewi kan pinter bu..kalo saya ini udah dudul malesan pula..hehhe. (Dewi ini memang  pinternya unlimited...aseli pinter buanget).
Bu Erna : “Skripsi itu harus semangat dan telaten. Sayang kalo lulusnya lama. Ini Yuri, Sisil, dan yang lainnya udah pada bimbingan lho..”
Saya     : “Ya bu...saya akan bersemangat...”
----
Di jadwal bimbingan berikutnya, Saya ngantri bimbingan skripsi bareng sama Dewi,,dan Bu Erna sengaja meminta kami berdua bimbingan bareng dan saling lihat progress..

Bu Erna : “Gimana mbak (Dewi)? Udah sampai mana?
Dewi    : “Ini yang kemarin diminta ibu koreksi sudah saya ganti bu..sekalian Bab III nya juga sudah saya kerjakan...
Saya    : (MLONGO!) “Dewi udah mau masuk Bab III..saya baru bawa calon tabel data..
Bu Erna : “Wah..udah bagus ini mbak...teruskan ya..minggu depan bab IV nya dibawa...”
Saya    : (berteriak dalam hati) MINGGU DEPAN GUE HARUS KELAR SAMPAI BAB III...HARUUUUUUUUS!!!

Dan begitulah...saya akhirnya bisa selesai tepat waktu...dan semangat banget bikin skripsi...


3.       Galauw

Sebab terakhir inilah...yang saya temukan sungguh sambil setengah mengangguk gak percaya..bahwa fenomena GALAU inilah yang menyebabkan saya males ngerjain thesis..Dalam obrolan saya dengan Mb Nuris dan Mb Maya setelah menghabiskan es krim Cornetto vanilla disk:

Mb Maya   : “Gimana thesismu Ton?”
Saya  : “Itu dia teh....abdi males beud ngerjainnya..mweaa...sampai nanya ke Mb Nuris gimana biar cepet lulus S2..”
Mb Nuris  : “Sana lho,,kamu ngerjain di tempat lain...nongkrong dimana gitu..”
Saya      : “Nongkrong tu spent money je mb..”
Mb Maya   : “Nongkrong di WC!”
Mb Nurish : “di rektorat UNY Ton...kan gratis”
Mb Maya  : “ah, Inton tu baru bisa ngerjain thesis kalo udah ketemu sama Galang (ini adalah pria berjenggot kurus tinggi yang ganteng sekali :p)
Saya     : (bergumam sama kata hati) “Iya...saya kangen dia nemenin saya ngerjain thesis kayak dulu jaman kami berdua ngerjain skripsi bareng2..”

KH (nongol): “Galang akan lebih seneng liat kamu bisa memotivasi diri Ton..”
Saya      : mengambil leptop dan ,,,,,,,,,,,,,,MENULIS BLOG INI... :D :D


Setelah memahami sebab2 diatas..pertanyaannya:
Kapan saya, Intan Pradita, akan mulai ngerjain thesis?
a.       18 Agustus 2011
b.      Setelah ketemu Galang Aprilian
c.       Setelah nulis blog ini
d.      Setelah nemu pesaing

Tulis jawaban Anda di lembar jawaban yg telah disediakan...

3 komentar: